Visi Dan Misi

Visi Dan Misi

5.1    Visi dan Misi

5.1.1    Visi

Upaya untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri merupakan obsesi Pemerintah Daerah dan segenap komponen kemasyarakatan di daerah ini melalui perencanaan pembangunan yang terpadu dan terintegrasi antara tujuan yang hendak dicapai dan visi pembangunan yang mengandung pola pikir dan pola tindak dari RPJM Kabupaten Pegunungan Bintang Tahun 2011-2015.

Berdasarkan analisis isu-isu strategis serta berbagai potensi sumberdaya  pembangunan yang dimiliki, Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang menetapkan Visi Pembangunan Kabupaten Pegunungan Bintang Tahun 2011-2015 sesuai dengan tahap kedua dari RPJP Kabupaten Pegunungan Bintang yang merupakan tahap pembangunan, yaitu : 

” DENGAN HATI DAN IMAN KITA BANGUN PEGUNUNGAN BINTANG YANG DAMAI, MAJU, MANDIRI DAN SEJAHTERA”

Penjelasan dari visi di atas, yaitu :
Masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang hidup damai dalam tatanan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dan sangat religius. Kondisi ini merupakan modal utama bagi seluruh stakeholder dalam meletakkan dasar-dasar pembangunan daerah. Berbekal pada nilai-nilai budaya yang hidup dalam masyarakat tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang meyakini bahwa pembangunan daerah hanya akan terlaksana dengan baik bila disertai dengan ketulusan hati dan mengandalkan iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. 
Sebagai daerah pemekaran yang baru mulai membangun, potensi sumber daya alam lokal yang ada hingga saat ini belum banyak termanfaatkan dengan baik. Pemanfaatannya masih terbatas untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat lokal, oleh sebab itu dibutuhkan upaya pemerintah daerah serta partisipasi segenap masyarakat secara sungguh-sungguh guna meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang damai, maju, mandiri dan sejahtera dalam mempertahankan harkat dan martabat manusia Aplim Apom secara berkelanjutan.
 
5.1.2    Misi

Selanjutnya untuk mewujudkan visi tersebut maka misi pembangunan Kabupaten Pegunungan Bintang Tahun 2011 - 2015, adalah berupaya membebaskan masyarakat dari kungkungan keterisolasian, ketidakberdayaan, keterbelakangan dan ketertinggalan serta meningkatkan kemampuan, kemandirian dan kesejahteraanya, dengan cara :

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia melalui pembangunan pendidikan, kesehatan, perbaikan gizi dan peningkatan pendapatan masyarakat.
  2. Mengembangkan dan membina koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, dengan menciptakan lembaga-lembaga ekonomi rakyat dan memanfaatkan potensi sumberdaya alam lokal yang berkelanjutan.
  3. Meningkatkan aksesbilitas wilayah untuk mendukung mobilitas arus manusia dan barang dari dan ke wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang (ke distrik dan ke ibukota kabupaten) sebagai pusat pelayanan dan pembangunan.
  4. Membuka peluang investasi untuk pemanfaatan dan pengelolaan potensi sumberdaya alam (hutan, lahan, tambang dan wisata).
  5. Penguatan kelembagaan pemerintah kabupaten, distrik dan kampung dengan peningkatan penerapan prinsip-prinsip good government and clean governance di setiap SKPD, membangun, menerapkan dan mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan guna memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada masyarakat.
  6. Membina dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya, agama, hukum, semangat kemandirian dan gotong royong dalam masyarakat. 
  7. Mendorong terciptanya stabilitas wilayah melalui kerjasama yang harmonis antara pemerintah, lembaga adat dan gereja serta masyarakat.

5.2    Tujuan dan Sasaran Pembangunan


5.2.1    Tujuan

Tujuan pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Pegunungan Bintang Tahun 2011-2015, yaitu:


(1)    Mewujudkan sumberdaya manusia Kabupaten Pegunungan Bintang yang sehat, cerdas, profesional, berakhlak, dan berdaya saing.
(2)    Mengembangkan sentra-sentra ekonomi yang berbasis pada teknologi tepat guna yang didukung dengan pusat penelitian dan lembaga pendidikan yang berorientasi pengembangan teknologi guna meningkatkan nilai tambah dan produktivitas perekonomian yang berkelanjutan.
(3)    Mewujudkan pemerataan pembangunan antarwilayah melalui peningkatan pembangunan infrastruktur serta pelayanan informasi dan komunikasi secara merata ke seluruh wilayah. 
(4)    Menciptakan daerah industri berbasis sumberdaya lokal dengan optimasi peningkatan nilai tambah dan modal, serta mengembangkan kerjasama kelembagaan ekonomi melalui jejaring kerjasama regional, nasional dan internasional.
(5)    Mewujudkan daerah yang  memiliki tata pemerintahan yang demokratis dan berkeadilan, jujur dan bertanggung jawab, serta akuntabel.
(6)    Mewujudkan daerah sebagai kota budaya yang kuat,  berakar, dan memiliki nilai-nilai luhur, untuk dilestarikan dan dilindungi.
(7)    Mewujudkan stabilitas keamanan serta toleransi dan keserasian (saling menghormati dan menghargai) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

5.2.2    Sasaran Pembangunan

  • Tujuan 1 : Mewujudkan Kabupaten Pegunungan Bintang yang memiliki sumberdaya manusia yang sehat, cerdas, profesional, berakhlak, dan berdaya saing dengan sasaran :

-Terwujudnya masyarakat yang berpendidikan tinggi dan berwawasan informasi terdepan.

-Terwujudnya masyarakat yang kreatif dan memiliki kemampuan daya saing tinggi.

-Terbangunnya pusat-pusat pendidikan dan pelatihan terutama daerah perbatasan antar negara.

  • Tujuan 2 : Mengembangkan sentra-sentra ekonomi yang berbasis pada teknologi tepat guna dan berwawasan lingkungan dengan sasaran terbangunnya pusat penelitian dan lembaga pendidikan berorientasi pengembangan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan produktivitas sektor ekonomi berkelanjutan.
  • Tujuan 3 : Mewujudkan pemerataan pembangunan antar wilayah dengan sasaran :

(a)     Meningkatnya pemberdayaan masyarakat distrik dan kampung.

(b)     Terwujudnya jaringan infrastruktur yang merata ke seluruh wilayah.

(c)     Terwujudnya jaringan informasi dan komunikasi yang merata keseluruh wilayah.

  • Tujuan 4 : Menciptakan daerah industri berbasis sumberdaya lokal dengan optimasi peningkatan nilai tambah dan modal, serta mengembangkan kerjasama kelembagaan ekonomi melalui jejaring kerjasama regional, nasional dan internasional, dengan sasaran:

(a)     Terwujudnya kompetensi, peningkatan nilai tambah dalam pemanfaatan sumberdaya manusia, sumberdaya alam dan sumberdaya buatan dengan memperhitungkan nilai ekonomi, sosial, dan lingkungan.

(b)     Berkembangnya kemitraan strategis dalam pengembangan industri pengolahan.

(c)     Berkembangnya kerjasama kelembagaan ekonomi melalui jejaring kerjasama regional, nasional, dan internasional.

  • Tujuan 5 : Mewujudkan daerah yang memiliki tata pemerintahan yang demokratis dan berkeadilan, jujur dan bertanggung jawab, serta akuntabel dengan sasaran :

(a)Terwujudnya kelembagaan dan ketatalaksanaan pemerintah yang akuntabel dan berbasis teknologi informasi. 

(b)     Terwujudnya pengelolaan akuntabilitas keuangan daerah yang berorientasi publik.

(c)     Terwujudnya pelayanan publik yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat.

  • Tujuan 6 : Mewujudkan daerah yang mempunyai budaya daerah yang kuat yang berakar pada nilai-nilai luhur dengan sasaran terwujudnya daerah tujuan wisata berbasis warisan budaya luhur dan sumberdaya daerah yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dengan tetap mengangkat harkat dan martabat masyarakatnya.
  • Tujuan 7 : Mewujudkan stabilitas keamanan serta toleransi dan keserasian dalam kehidupan masyarakat dengan sasaran :
  1. (a)     Terjaminnya keamanan bagi investor dan pengusaha.
  2. (b)     Terwujudnya masyarakat yang agamis dan berakhlak mulia.
  3. (c)     Terwujudnya masyarakat maju yang berakar pada nilai-nilai keagamaan dan kearifan lokal.

 

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele