Usaha Peternakan Ayam di Papua Naikkan Ekonomi Warga

Usaha Peternakan Ayam di Papua Naikkan Ekonomi Warga

Terdapat sebuah kelompok usaha di daerah Papua yang dinamakan Tunas Sawaerma (TSE) yang mengadakan budidaya peternakan ayam di daerah Boven Digoel Papua. Diharapkan dengan hadirnya kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga di daerah tersebut. Hal ini dilaksanakan sebagai salah satu program penyuluhan kepada masyarakat tentang kewirausahaan dari organisasi ini.

Kegiatan dari kelompok usaha ini merupakan salah satu keigiatan program CSR kepada masyarakat yang tinggal di dekat perusahaan tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup warga di daerah tersebut.

Program ini sudah diselenggarakan sejak beberapa tahun lalu yakni pada bulan April 2013 dan kegiatan ini berjalan tanpa kendala berarti. Dalam periode ini TSE sudah melakukan pembelian sebanyak 11.881 anak ayam yang kemudian diternakkan.

Warga daerah tersebut juga merasakan manfaat dari kegiatan program CSR dari TSE ini. Hasil dari peternakan ayam ini kemudian dijual kembali di daerah sekitar perusahaan TSE dengan banderol harga sekitar Rp 55.000 per ekornya. Pendapatan dari penjualan ayam ini kemudian masuk ke kas bersama dan juga sebagian ada yang diinvestasikan kembali untuk mengembangkan usaha.

Warga juga merasakan kemudahan mendapatkan pendapatan dari program CSR ini yakni untuk berbagai keperluan seperti biaya untuk kesehatan dan juga sekolah anak-anak. Tentu saja hal ini sangat menjanjikan ketimbang hanya mendapatkan penghasilan dari berburu. Para penduduk merasakan banyak manfaat dari program peternakan ayam tersebut dan merasa terbantu untuk kebutuhan sehari-hari mereka. 

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele