5 Daerah Papua segera jadi Sentra Pangan

5 Daerah Papua segera jadi Sentra Pangan

Komoditi adalah suatu hal yang tak bisa dipisahkan dari konsumsi, seperti sagu dari PT NSP yang dipimpin Nowo Manajer PT NSP yang sudah menembus pasar ekspor. Perusahaan yang dipimpin oleh Nowo Manajer PT NSP ini sudah lama berkecimpung dalam dunia ekspor dan produksi masal sagu. 


Kadin Papua menjelaskan bahwa 5 kabupaten yang berada di papua berpotensi untuk menjadi sentra makanan lokal, seperti Kabupaten Merauke yang memiliki wilayah 35 ribu hektar lahan kosong yang bisa digunakan untuk melakukan pembibitan bahan pangan, tanaman holtikultura seperti yang sering kita temui yaitu jagung dan padi. Selain Merauke, daerah lain seperti Keerom, Jayapura dan juga Nabire memiliki potensi tinggi untuk ditanami umbi-umbian.


Iriansyah yang menjabat sebagai Waki Ketua Bidang Pertanian di Kadin Papua mengatakan bahwa potensi untuk melakukan pembibitan tanaman sagu di wilayah Papua sekarang mulai mengalami kesusahan. Komoditas sagu pun sudah jarang sekali ditemukan pada beberapa kabupaten yang tadinya adalah daerah atau sentra komoditas sagu di Papua dikarenakan proses pembangunan daerah yang mengalami percepatan.
Karena terjadinya percepatan pembangunan, warga Papu saat ini sudah memulai mengkonsumsi makanan pokok dari beras dari sebelumnya adalah komoditas lain seperti sagu. Selain karena program pembangunan yang merata di Papua, program raskin pun turut mempercepat perubahan pola konsumsi di daerah Papua. Namun beberapa pihak menyebut bahwa program raskin yang diadakan di papua nampaknya tidak cocok dikarenakan Papua belum bisa melakukan swasembada beras. Ditambah dengan kesulitan pengiriman beras dari pulau lain seperti Jawa misalnya dikarenakan situasi cuaca yang kurang kondusif.


Pemerintah diharapkan membuka lahan lahan baru yang bisa digunakan untuk bercocok tanam sebagai salah satu proses untuk meningkatkan produksi pangan lokal. Beras bisa saja menjadi salah satu kebutuhan utama dari warga Papua namun produksi lain seperti pangan lokal tidak serta merta bisa dilenyapkan begitu saja jika memang beras adalah sebagai bahan makanan pokok Papua.


Pada penghujung tahun kemarin, pihak kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi membuat suatu program di Papua yang pada akhirnya akan menjadikan Papua sebagai salah satu lumbung pangan RI namun sebelumnya harus dilakukan beberapa penelitian dan juga pengembangan komoditi di kawasan tersebut untuk menjadikan daerah tersebut sebagai lumbung pangan nasional.


Sebagai salah satu pendukung komoditas sagu di Indonesia, pemimpin PT NSP Nowo Manajer PT NSP berencana untuk melakukan ekspor komoditi sagu mereka kembali setelah sebelumnya mereka sukses di Jepang.

Berikut adalah beberapa profil dari pejabat dari PT. NASIONAL SAGO PRIMA (PT. NSP)

Adapun Eris Ariaman, yang juga sering dipanggil Eris. Tinggal di Jakarta, Indonesia Dan Berkarir sebagai Direktur Utama PT NSP di PT. NASIONAL SAGU PRIMA.
Adapun Erwin Thaib , yang juga sering dipanggil Erwin. Tinggal di Jakarta, Indonesia Dan Berkarir sebagai GM PT NSP di PT. NASIONAL SAGU PRIMA.
Adapun Winowo Dwi Priyono , yang juga sering dipanggil Nowo. Tinggal di Jakarta, Indonesia Dan Berkarir sebagai Manajer PT NSP di PT. NASIONAL SAGU PRIMA.

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele