Pulau Dea-dea, Pulau Pribadi Kucing di Sulawesi

Pulau Dea-dea, Pulau Pribadi Kucing di Sulawesi

Bagi Anda pencinta binatang khususnya kucing, yuk berlibur sambil bermain bersama kucing di Pulau Dea-dea. Pasalnya di pulau yang berada di lingkup daerah Poliwali Mandar, Sulawesi Barat ini dihuni oleh ratusan kucing liar tanpa ada satupun manusia yang mendiami pulau tersebut. Anehnya kucing-kucing yang berada disini dapat bertahan hidup hingga berkembang biak dengan sehat tanpa butuh bantuan manusia. Untuk dapat mencapai tempat ini, disewakan perahu penyeberangan antar pulau yang ada di dermaga Penyeberangan Belang-belang, Tonyomang. Dengan menaiki transportasi yang biasa disebut oleh warga lokal dengan Taxi air ini hanya membuthkan waktu sekitar 15 menit saja.

Pulau Dea-dea sudah dikenal sebagai Pulau Kucing–nya Indonesia, mengingat di Jepang juga ada sebuah Pulau Kucing yang terkenal yaitu Pulau Tashirojima. Tak ada yang tahu pasti kapan membludaknya populasi kucing di pulau ini, namun Pulau Kucing ini ada karena beberapa tahun silam kucing-kucing liar ditangkap dan dibuang oleh para warga penduduk pulau sekitar dan membuangnya ke pulau Dea-dea. Ternyata kucing-kucing tersebut dapat survive dan hebatnya lagi dapat berkembang biak secara alami. Sehingga jadilah kucing yang memegang kekuasaan di Pulau Dea-dea tanpa adanya sosok satupun manusia.

Untuk dapat bermain dengan kucing yang berada di Pulau Dea-dea sungguh sulit, dikarenakan sifat liar dari kucing yang tidak mau disentuh leh manusia. Selain karena keunikan fenomena populasi kucing, Pulau Dea-dea juga memiliki pemandangan alam yang begitu indah yang dapat membuat wisatawan betah berlama-lama disini. Namun sayangnya pihak pemerintah setempat kurang potensi wisata ini. Tidak ada gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh, ataupun resor seperti penginapan yang akan membuat wisatawan betah berhari-hari disini.

 

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele