Pendistribusian Ayam Ras Akan diatur Pemerintah

Pendistribusian Ayam Ras Akan diatur Pemerintah

Perihal Peternakan Ayam - Peternak ayam sangat mengeluhkan harga bibit anak ayam atau DOC (Day Old Chick) dan Ayam potong. Harga bibit yang semakin tinggi sangat membebani peternak lokal, belum lagi harga pakan ternak yang terus tinggi. Banyak permasalahan yang membuat harga bibit ayam mahal mulai dari pendistribusian dan juga juga alur distribusi. Sudah menjadi tugas pemerintah untuk bisa menstabilkan harga bibit anak ayam.

Pemerinah melalui Kementerian Pertanian (Kemtan) akan mengatur produksi hingga pendistribusian DOC dan ayam potong. Hal tersebut dilakukan untuk menstabilkan harga bibit ayam dipasaran. Pengaturan produksi dan distribusi akan diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 61 Tahun 2016 tentang Penyediaan, Peredaran, dan Pengawasan Ayam Ras. Aturan ini merupakan revisi dari Permentan No 26 Tahun 2016.

Diaturan yang baru, pemerintah akan menekankan kepada perusahaan integrator untuk memberikan 50% DOC untuk peternak lokal mandiri. Bukan hanya itu, Dalam penditribusian DOC juga akan di pantau secara ketat dan integrator wajib lapor setidaknya sebulan sekali kepada Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH).

Peraturan yang baru ini sangat memungkinkan peternak lokal mandiri untuk lebih leluasa mendapatkan pakan dan obat obatan. Selain itu dalam peraturan yang baru juga mencangkup produksi live bird (LB) lebih dari 300 ribu ekor, harus memiliki rumah potong unggas dan fasilitas rantai dingin. Sehingga ini mampu meningkatkan produktifitas peternak lokal mandiri. Dan harga DOC hingga produksinya bisa terpantu oleh Kemtan. (Berita Seputar Peternakan Ayam)

 

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele