Pemerintah Papua Bangun LRT dari Jayapura-Bandara Sentani

Pemerintah Papua Bangun LRT dari Jayapura-Bandara Sentani

Guna menunjang transportasi dalam kota Jayapura, Pemerintah Papua merencanakan pembangunan kereta cepat ringan atau Light Rail Transit (LRT) dari stadion Mandala Kota Jayapura hingga bandara Sentani sepanjang 37 Km.

Pembangunan LRT tersebut diproyeksikan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang berlangsung di Papua, sekaligus menyasar pariwisata karena rel itu melewati pegunungan cyklops dan pantai sepanjang kota Jayapura. 

"Pembangunan jalur Kereta Api antara Stadion Mandala-Sentani selain mewujudkan penyelenggaraan transportasi publik yang efektif dan efisien juga menyasar wisata Kota Jayapura," ujar Dominggus Urbon, Konsultan Perencana Pembangunan LRT Papua, disela-sela konsultasi publik penyusunan Amdal, di Jayapura, Jumat (18/11/2016).

Menurut Dominggus, rencananya jenis kereta api yang akan dioperasikan adalah kereta api ringan seperti digunakan negara Jepang khusus untuk angkutan orang. 

Konstruksi pembangunan rel kereta api LRT itu menggunakan jembatan jalur layang (Elevated) untuk meminimalisir penggunaan lahan, mengingat lahan di Papua cukup mahal, sehingga jalurnya menggunakan medium jalan. 

"Kita tahu harga pembebasan tanah di Papua cukup mahal, sehingga pembangunan rel ini menggunakan elevated sepanjang jalan Jayapura-Sentani, hanya dibeberapa lokasi saja yang nanti akan terpisah dari ruas jalan umum, karena topografi kota Jayapura yang berbukit dan pantai," katanya.

Selain itu kata, Dominggus, Optimalisasi pembangunan LRT ini juga ditinjau dari aspek pemilikan tanah, kepada lalu lintas dan ekosistem yang ada maupun sistem topografi sehingga dihindari adanya terowongan. 

"Jadi tidak ada lagi cara lain untuk mengatasi kondisi transportasi di Jayapura selain menggunakan LRT," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Emmy Mandosir menilai rancana pembangunan LRT di Jayapura cukup strategis untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang terjadi di kota Jayapura. 

Namun pihaknya dalam menyetujui pembangunan LRT itu harus mengkaji secara lengkap perencanaan Amdalnya. 

"Kita tidak hanya melihat kebutuhan transportasi pembangunan LRT itu semata, tetapi kita harus melakukan kajian secara menyeluruh tentang perencanaan Amdalnya," kata Emmy. 

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele