Pariwisata Bali Terdepan, Papua Masih Tunggu Konektivitas

Pariwisata Bali Terdepan, Papua Masih Tunggu Konektivitas

Potensi pariwisata Indonesia menyebar di seluruh penjuru, dari Sabang sampai Merauke. Sayang, pengembangannya masih belum merata, terutama untuk kawasan Indonesia Timur.

Untuk mengembangkan pariwisata kawasan ini, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur. Sasarannya adalah meningkatkan konektivitas wilayah ini dengan pintu masuk utama wisatawan mancanegara serta Nusantara ke daerah tujuan wisata lainnya. Antara lain dengan meningkatkan jaringan dan kapasitas transportasi baik darat, laut, dan udara.

"Berbicara soal pengembangan Indonesia Timur, maka berbicara koridor V MP3EI, yaitu Bali, NTB, dan NTT. Kawasan ini memang mengedepankan sektor pariwisata dalam pembangunannya," kata Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam seminar "Membangun Konektivitas Pulau-Pulau di Indonesia Timur Untuk Pengembangan Pariwisata" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Pembangunan di kawasan Bali, NTB, dan NTT sudah tiga tahun terakhir digencarkan. Namun, ia mengakui bahwa masih Bali menjadi yang terdepan.

"Bali sudah mapan, sudah ada bandara dan pelabuhan. Tantangannya adalah Beyond Bali, daerah di sekitar Bali," ujar Mari. Saat ini, peningkatan konektivitas memang difokuskan pada pembangunan bandara dan pelabuhan.

"Lombok juga sudah mulai membaik, sudah ada Bandara Internasional Lombok. Tinggal bagaimana rute maskapai ke kawasan ini diperbanyak saja," tutur Mari.

Selain itu, yang perlu dikembangkan adalah konektivitas ke kawasan Papua dan Papua Barat. "Daerah ini potensi pariwisatanya kaya, tapi memang masih sulit dijangkau. Tapi kalau konektivitasnya sudah ada, akan sangat luar biasa," tutupnya.

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele