Papua Kembangkan Tanaman Buah Merah

Papua Kembangkan Tanaman Buah Merah

Pemerintah Provinsi Papua sedang mengembangkan lahan tanaman buah merah seluas 263 hektare .sebagai produk unggulan di wilayahnya.Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, Semuel Siriwa, mengatakan, pengembangan tanaman buah merah itu difokuskan di 13 kabupaten.

Kebutuhan bibit untuk 263 ha lahan di 13 kabupaten, sebanyak 1.005 benih pohon. Satu ha dibutuhkan bibit sebanyak 400 bibit. tahun lalu pihaknya juga telah mengembangkan lahan buah merah seluas 40 ha dan tahun ini ditambah menjadi 263 ha.

Khusus di Tahun 2015 ini, akan dikembangkan tanaman buah merah 263 hektar.  Dimana ada berkembang sesuai dengan permintaan petani, akan diarahkan untuk 8 kabupaten lagi  yakni Kabupaten Yalimo, Pegunungan Bintang, Nduga, Keerom, Kota Jayapura, sehingga totalnya menjadi 13 kabupaten. Nantinya akan disesuaikan dengan usulan dari masing – masing kabupaten. Sebab ada yang mendapatkan 5 - 20 hektar dan ada yang lebih.  

Untuk ketersedian bibit buah merah, disiapkan oleh pihak ketiga melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) atau melalui proses lelang. hal ini untuk menjaga ketersediaan kebutuhan bibit bagi petani di lapangan selama program pengembangan buah merah tersebut.

Sementara untuk pengolahan minyak buah merah, Pemprov Papua, tahun ini menyiapkan lima unit mesin pengolahan, namun pengadaan mesin, skop dan cangkul juga melalui proses lelang atau ULP. dari sektor produksi, diharapkan kerjasama lintas sektor dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Semua sektor produksi membutuhkan kelanjutan, seperti Dinas Perindustrian, Dinas Perhubungan dan Perdagangan serta Dinas Koperasi, dalam hal promosi.

Sebab saat ini animo masyarakat akan penanaman buah merah sangat besar,termasuk swadaya masyarakat yang melakukan penanaman buah merah sendiri. Namun diakuinya  belum ada laporan detail dari kabupaten/kota tentang petani mana yang sudah melakukannya. Untuk pembibitannya sendiri, menurut Siriwa juga mencukupi. Karena selama ini Dinas Pertanian dan Holtikultura menerima pasokan dari Kabupaten Jayapura

 

 

 

 

 

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele