Papua Berencana Buat Statistik Pasar Ikan

Papua Berencana Buat Statistik Pasar Ikan

Di papua, kondisi pasar ikan sangatlah ramai hampir setiap hari ada transaksi yang di lakukan di papua. Oleh sebab itu Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Provinsi Papua sudah memiliki rencana untuk bisa melakukan pembenahan statistik pada tahun 2017 mendatang. Rencananya dinas terkait akan melakukan penerbitan tentang jenis dan standarisasi pasar ikan untuk wilayah papua.

Pembuatan rencana statistik tersebut di dorong oleh, karena hingga saat ini keberadaan pasar ikan di papua terbilang masih belum tertib. Kondisi pasar ikan di papua masih cendrung di samakan dengan tempat pelelangan ikan (TPI), hal tersebut ikut di sampaikan juga oleh Kepala Diskanla Provinsi Papua FX Motte. Agenda statistik ini dilakukan untuk bisa membenahi kondisi pasar ikan di papua. Karena saat ini kondisi tempat pasar ikan hampir sama dengan tempat pelelangan ikan, karena seharusnya pasar dan tempat pelelangan ikan merupakan dua tempat yang berbeda.

Pasar ikan di papua akan di benahi, dan mulai dilakukan pada tahun 2017. Tahapan awal akan mengubah cara pembelian di pasar ikan. Di tempat lelang ikan, ikan di jual per ton atau kilogram, sementara di pasar ikan biasanya dijual ikan per satuan. Namun kondisi ini hampir sama di seluruh pasar ikan di papua. Oleh sebab itu Diskanla akan melakukan perubahan pada 2017 dengan harapan di tahun 2018 sudah dapat mengekspor ikan ke luar wilayah Papua.

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele