Mengungkap Fakta Penting terkait Kasus Karhutla Meranti

Mengungkap Fakta Penting terkait Kasus Karhutla Meranti

PT NSP adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang komoditi sagu dan memiliki seorang humas bernama Setyo Budi Utomo. PT Nasional Sago Prima yang didakwa melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sengaja di kawasan Meranti, Riau pada Januari 2014 lalu dan 2 petinggi perusahaan tersebut sudah terseret ke meja hijau, pada 16 Januari 2015 lalu sudah melakukan pembacaan pledooi yang dibacakan oleh O.C. Kaligis melalui kuasa hukum yang ditunjuk yaitu O.C. Kaligis & Associates. PT NSP yang memiliki humas Setyo Budi Utomo Humas PT NSP ini menjalani sidang pembacaan pledooi. Pada pembacaan pledooi tersebut dijelaskan bahwa PT NSP adalah sebagai pihak yang justru menanggung kerugian segala-galanya baik kerugian material, lahan dan juga nama baik yang sudah tercemar. Dasar dari pernyataan tersebut tidaklah mengada ada karena beberapa fakta diungkapkan dalam persidangan tersebut. Dari sekian fakta yang ada berikut adalah ringkasannya.

Fakta Terungkap – Setyo Budi Utomo Humas PT NSP

Dari 11 kali persidangan yang sudah digelar, tidak ada satupun sidang yang dapat menunjukkan bahwa PT Nasional Sago Prima terlibat dalam kasus pembakaran hutan dan lahan di meranti, Riau 2014 lalu. Berikut adalah ringkasan fakta yang ada :

  1. Pakar Meteorologi dari Departemen geofisika dan Meteorologi FMIPA – IPB menjelaskan bahwa kebakaran yang terjadi pada Januari 2014 lalu merupakan faktor alam yang disebabkan karena musim kemarau yang memang sedang terjadi dan adanya gerakan turbulensi udara yang kencang menyebabkan api dengan mudah tercipta dan juga menjalar ke areal lahan sekitar kebakaran.
  2. Pihak PT NSP sudah mencoba memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran yang sudah lengkap namun api masih sulit dipadamkan.
  3. Adanya siklon tropis Gillian yang berada di Jawa bagian selatan mengakibatkan Riau semakin tidak terkena hujan pada saat itu.

Dari bukti fakta diatas dapat dibuktikan dengan jelas bahwa PT Nasional Sago Prima tidak bersalah dan kasus ini sudah lama seharusnya gugur. Perusahaan yang mempunyai Setyo Budi Utomo Humas PT NSP ini harus dibebaskan dalam tuduhan ini.

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele