2,6 M Honor Linmas Dicairkan Untuk 385 Orang

2,6 M Honor Linmas Dicairkan Untuk 385 Orang

Sebanyak 385 orang anggota Lindungan Masyarakat (Linmas) yang ada di 34 distrik di kabupaten Pegunungan Bintang pekan lalu menerima honor selama 3 triwulan yang dibayarkan langsung dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pegunungan Bintang. Pada kesempatan tersebut Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka, S.Ip yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Pegbin Untung Eka Priya, S.Ip.M.Si mengatakan bahwa pihaknya atas nama pemerintah kabupaten Pegunungan Bintang menyampaikan permohonan maaf kepada anggota Linmas atas keterlambatan pencairan hak-hak atau honor para anggota Linmas yang tersebar di 34 distrik di wilayah pemerintah kabupaten Pegunungan Bintang.

“Sebenarnya harus dicairkan honor Linmas jika perencanaan masuk di APBD induk tahun 2017, namun hal itu tidak tercover oleh karena ada mist komunikasi terhadap nasib para anggota Linmas dimaksud. Namun dengan kepedulian Bupati Pegubin terjadilah solusi yaitu honorarium anggota linmas dianggarkan melalui anggaran perubahan. Sehingga pada hari ini dilakukan pembayaran hak-hak bapak atau ibu sekalian.” Ungkap Untung.

Untuk itu pihaknya berharap kepada para anggota Linmas untuk dapat menggunakan honor tersebut dalam memenuhi kebutuhan keluarga, tanpa mengalihkan kepada hal-hal yang tidak berguna.

“Sebab uang yang bapak dan ibu terima hari ini merupakan berkat Tuhan yang harus dikelola baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah. Jangan belanja Ganja, Narkoba, Miras dan judi. Tidak boleh belanja barang yang sudah dilarang pemerintah. Jika kedapatan anggota Linmas belanjakan barang yang dilarang oleh permintah tersebut, maka akan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.” Tegasnya serius.

Sementara itu menurut Kepala Kesbangpol Kabupaten Pegunungan Bintang Kakayambul Uropdana, S.Sos mengatakan bahwa untuk meminimalisir sulitnya jangkauan para anggota Linmas dari distrik ke ibukota Kabupaten maka pihaknya akan bekerjasama dengan Bank Papua untuk melakukan transaksi keuangan yaitu hak-hak anggota Linmas melalui bank Papua.

“Pemerintah sudah buka kantor kas bank papua di beberapa titik, dengan fasilitas bank itu akan kita manfaatkan untuk melakukan transasksi hak-hak Linmas melalui bank Papua. untuk itu kami akan mengambil data seluruh linmas berdasarkan wilayah kanotr kas bank papua berada. Sehingga kami berharap anggota linmas buka rekening di bank Papua. jika hal itu terjadi maka akan meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Kami tidak bisa bawa uang kes tapi masukan data di bank, nanti orang bank yang salurkan melalui rekening masing-masing, supaya anggota linmas tidak datang tunggu-tunggu pencairan di kota tetapi cukup cek di kantor kas terdekat. Itu solusi yang diambil oleh Bapak Bupati. Jadi kami pihak kantor tinggal ikuti petunjuk Bupati ini.” Tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Kabid Ketahanan Bangsa dan Hubungan antar lembaga Kesbangpol Pegubin Chritoforus M. Uropdana menjelaskan bahwa jumlah anggota Linmas yang menerima honor adalah sebanyak 385 orang dengan jumlah dana sebesar 2,6 Milyard yang bersumber dari APBD Pegunungan Bintang melalui DPA Kantor Kesbangpol.

“Untuk itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Bupati yang sangat peduli dengan para anggota Linmas ini, sehingga dilakukan rasionalisasi anggaran yang telah tercover dalam anggaran perubahan tahun 2017 untuk pembayaran honor anggota Linmas. Semoga honor yang dibayarkan tidak seberapa tetapi itulah kepedulian pemerintah atas jasa-jasa pengabdian para anggota Linmas selama ini.” Salutnya sembari menutup. (***)

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele