Hari Ini: Jam: | BAPPEDA PAPUA | BPS PAPUA

3 Jajanan Khas Flores yang Bikin Nagih

March 10, 2014 12:58:22 Posted by

3 Jajanan Khas Flores yang Bikin Nagih

Pulau Flores yang berada di gugusan Kepulauan Sunda Kecil memiliki begitu banyak keindahan dari segi alam serta budayanya. Tak hanya terkenal dengan Pulau Komodo di sebelah barat dan Taman Laut 17 Pulau di sebelah utaranya saja, kawasan yang mayoritasnya beragama Katholik ini juga memilki kue jajanan khas yang sangat enak untuk dicoba. Untuk kamu yang berencana mengisi liburan dengan wisata ke Pulau Flores, maka wajib untuk mengetahui kuliner apa yang enak di tempat tersebut. Lokasi indah sudah tentu harus dirasakan dengan kuliner yang enak juga kan.

Berikut 3 jajanan khas Flores yang bikin nagih :

1.    Jagung Titi
Berbentuk emping jagung, makanan ini menjadi makanan khas Kabupaten Lembata, Folres, Nusa Tenggara Timur. Jagung Titi juga dianggap oleh masyarakat sekita sebagai simbol tanah air mereka. Maka dari itu, masyarakat asli yang mendiami kawasan ini pasti memiliki alat pembuat kuliner khas Flores ini. Alat pembuatnya berupa sebuah batu kali yang dijadikan wadah dan batu besar seukuran tangan yang dipakai untuk “meniti”. Dalam bahasa daerah setempat, Titi berarti memukul sampai gepeng. Itulah awal ide penamaan kulinernya.

2.    Kue Rambut
Dari namanya, jangan salah sangka dengan kuliner khas Flores yang satu ini. Tenang saja bahan baku pembuatannya bukanlah rambut, melainkan tepung beras dan sedikit tepung terigu.

Dinamakan kue rambut karena bentuk dari penganan tersebut tipis layaknya rambut.

Kue ini dibuat dengan cara mengaduk adonan tepung beras, tepung terigu, kanji serta gula merah di dalam sebuah kaleng bekas yang memiliki lubang kecil di lingkarannya. Sehingga hasil adonan yang keluar dari lubang tersebut menjadi panjang dan kecil. Mirip dengan proses pembuatan mie bukan?

3.    Rebok
Jajanan khas Flores satu ini sangat cocok untuk dicicipi sambil menikmati secangkir kopi atau teh panas. Untuk membuatnya pun cukup mudah, hanya  dengan kelapa parut dan tepung beras saja serta digoreng tanpa menggunakan minyak. Meskipun pembuatannya sederhana, rasa yang dihasilkan cukup enak seperti biskuit. Nilai tambahnya lagi, kue ini sehat bebas kolesterol karena dimasak tanpa menggunakan minyak

Tags: , , , , , ,


A- A A+