22 Fasilitas Kesehatan Sukses di Resmikan Bupati Mimika

22 Fasilitas Kesehatan Sukses di Resmikan Bupati Mimika

Pembangunan fasilitas kesehatan (Faskes) yang berjumlah 22 di Kabupaten Mimika telah rampung dikerjakan. Rampungnya Faskes tersebut ditandai dengan sudah diresmikannya oleh Bupati Mimika. Bupati Mimika Eltinus Omaleng secara simbolis sudah meresmikan ke 22 fasilitas kesehatan tersebut. peresmian dilakukan di Puskesmas Timika Jaya, di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua

22 faskes tersebut meliputi 6 puskesmas, 12 puskesmas pembantu, 1 gedung instalasi farmasi, 2 balai pelayanan KB dan 1 gudang penyimpanan obat. Pembangunan faskes tersebut merupakan proyek Pemkab Mimika yang dikerjakan pada dua tahun anggaran yaitu 2015 dan 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Philipus Kehek mengatakan, pembangunan fasilitas kesehatan tersebut berasal dari dana alokasi khusus, Dana otsus dan juga dana perimbangan yang totalnya mencapai Rp 35.7 Miliar. Beberapa faskes sudah rampung dikerjakan dan beberapa sudah bisa digunakan. Ia menambahkan, jika pembangunan faskes tersebut karena situasi yang sudah cukup mendesak untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik. “ucapnya”

Total 22 faskes khususnya puskesmas dan Puskesmas pembantu yang diresmikan tersebut tersebar di wilayah kota, pesisir pantai dan wilayah pegunungan. Menurut keterangan Bupati, pembangunan faskes tersebut adalah wujud komitmen dan kerja nyata dalam upaya mewujudkan pelayanan publik.

Saat ini sudah seharusnya kita bisa menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam aktivitas sehari hari. Manfaat PHBS dalam kehidupan sangat besar terutama tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

PHBS bisa diterapkan dimana saja termasuk juga PHBS rumah tangga, PHBS di sekolah dan PHBS di tempat kerja. Indikator PHBS bisa berjalan dengan baik adalah kesadaran diri sendiri dalam menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

INFO DUNIA AGRIBISNIS


Perkembangan dunia agribisnis Indonesia sangatlah cepat, dibawah ini adalah rangkuman informasi terkait seputar agrobisnis Indonesia selengkapnya :

- Informasi Usaha Peternakan di Indonesia

- Kiat Sukses Peternakan Ayam

- Tips Beternak Lele